5 ETIKA DI MEDIA SOSIAL


Menulis atau menumpahkan perasaan di media sosial memang hal yang asyik banget setiap harinya. Tapi , sudah menjaga baik-baik apa yang ditulis belum? Akhir-akhir ini, bukan hal baru lagi untuk orang yang menulis kalimat yang menyakiti atau mengecewakan hati orang lain? Biar kita enggak seperti itu, yuk dilihat hal-hal yang harus diperhatikan di media sosial.

Jangan ikut-ikutan

Ikutan komentar tentang hal yang lagi in memang terkadang asik banget. Tapi, kalau kita enggak tahu tentang permasalahan yang ada, jangan ikut-ikutan orang lain cuma karena biar enggak ketinggalan. Just be true and be honest.

Hargai karya orang lain

Untuk media sosial seperti Twitter, kalau kita setuju dan suka sama pendapat orang lain, tinggal klik retweet aja. Beda persoalan untuk Facebook atau Blog. Ada kalanya, kita ingin menulis tentang hal yang sudah ditulis orang lain. Kalau memang mau ditulis lagi, hargai sumber yang dipilih dengan menuliskan alamat website atau apapun yang menjadi sumber. Jangan mencuri tulisan orang lain ya.

Think before you write

Menulis opini atau pandangan kita terhadap sesuatu di media sosial memang bukan hal yang asing. Tapi, hati-hati dengan setiap kalimat yang kita tulis. Apalagi kalau saat menulis kita sedang emosi. Enggak mau kan, dinilai buruk oleh orang lain yang belum kita kenal?

Baca lagi!

Yang ini berhubungan sama poin yang diatas. Untuk mengantisipasi, kita bisa mengecek ulang kalimat apa yang sudah ditulis. Dengan mengecek dan membaca lagi, mudah-mudahan enggak ada deh orang yang protes sama tulisan kita karena sudah diperbaiki sebelumnya.

Be nice

Intinya, just be nice. Jadilah dirimu sendiri, jangan menjadi pribadi yang buruk ya. Karena media sosial punya banyak manfaat, jangan menyia-nyiakan dan menyalahgunakan ya girls! Semakin banyak hal positif yang kita share ke masyarakat, semakin banyak juga yang bisa mencontoh.

 

SUMBER : http://www.kawankumagz.com/read/5-etika-di-media-sosial