6 Makna dan Arti Warna Bunga Mawar


Merah: Cinta dan Romantis
Mawar adalah salah satu simbol paling universal untuk mengungkap cinta sejati. Sepanjang sejarah dan lintas budaya, mawar juga digunakan sebagai simbol politik dan sifat religius.
Kuning: Persahabatan, Kebahagiaan, Cepat sembuh
Kuning erat terkait dengan matahari, yang menjadikan mawar sangat cocok untuk membuat orang bahagia. Mawar kuning mengirim pesan penghargaan dan cinta platonis tanpa romantisme. Mawar kuning merepresentasikan perasaan gembira dan bahagia semata.
Pink: Cinta, Syukur, Apresiasi
Merah muda lekat dengan konotasi rasa syukur dan keanggunan serta semua hal yang manis dan romantisme. Warna yang sama juga merupakan simbol rasa syukur dan penghargaan, dan merupakan cara tradisional untuk mengucapkan terima kasih.
Mawar pink berhubungan dengan kelembutan dan kekaguman. Juga dapat digunakan sebagai ungkapan simpati.
Putih: Kesucian, Simpati, Spiritualitas
Tradisi awal menggunakan mawar putih sebagai simbol cinta sejati, yang dalam perkembangan selanjutnya menjadi ciri khas mawar merah.
Warna putih juga dikenal sebagai warna pernikahan tradisional. Dalam hal ini, putih mewakili penyatuan, kebajikan, dan kemurnian cinta. Mawar putih juga terkait dengan kehormatan dan penghormatan, bagi orang yang dicintai dan telah meninggal dunia.
Oranye: Tertarik, Antusiasme dan Gairah
Warna yang berasal dari campuran kuning dan merah ini dipandang sebagai jembatan persahabatan yang diwakili oleh mawar kuning dan cinta yang disimbolkan oleh mawar merah.
Mawar oranye bisa mengekspresikan daya tarik, atau sebagai ungkapan, “Saya bangga padamu.”
Ungu: Pesona, Kesetiaan, Cinta pandangan pertama
Warna ungu memiliki hubungan tradisional dengan kesetiaan. Nuansa mawar ungu juga menunjukkan suasana keagungan dan kemegahan. Atau bisa jadi pengirim ingin mengatakan terpesona atau jatuh cinta pada pandangan pertama.