Jakarnaval 2012


Jakarnaval 2012  dilaksanakan tanggal 10 Juni 2012 dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Jakarta yang ke-485, salah satu event yang diunggulkan untuk mengaktualisasi kreativitas dan seni budaya yang dapat dinikmati secara luas oleh masyarakat dan wisatawan.

Peserta untuk Jakarnaval  ini tidak hanya berasal dari DKI Jakarta, tetapi juga dari Nusa Tenggara Barat, Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatra Utara, Jawa Barat, Jawa Timur dan Papua.

Karnaval ini diikuti 3.151 orang peserta yang terdiri dari 148 pengendara motor (Harley Davidson, Motor Antik Scooter), 140 pesepeda (Bike to Work Community, BMX), 56 grup arak-arakan seni budaya, 66 unit mobil, dan 25 unit mobil hias. Para peserta mobil hias, antara lain PD Pasar Jaya dan Taman Impian Jaya Ancol.

Parade ini melibatkan juga berbagai komunitas yang kreatif dan inovatif  salah satunya komunitas Jelajah Budaya dan komunitas Batik dengan mengenakan kostum bermotif batik Nusantara.

Rute Karnaval : ke barat di Jalan Medan Merdeka Selatan menuju ke Jalan Medan Merdeka Barat – ambil jalan menuju Jalan Mohammad Husni Thamrin – Lakukan putar U di Jalan Kyai Haji Wahid Hasyim – kembali menuju Jalan Mohammad Husni Thamrin – Di bundaran, ambil jalan menuju Jalan Medan Merdeka Barat – belok ke kiri menuju Jalan Silang Merdeka Barat Daya.

Suasana yang terlihat pada saat Carnaval berlangsung seperti ini

Susana sehabis acara berlangsung seperti ini adanya

Lalulintas disekitaran Jalan Thamrin padat merayap

Acara di lanjutkan dengan bertempat di Silang Monas Barat Daya dengan menampilkan hiburan gambang kromong, lenong Betawi, band, tari-tarian, dan atraksi komunitas peserta Jakarnaval 2012; seperti Harley Davidson Club Indonesia, Motor Antik Club Indonesia, Bike to Work Community, Fixie Club, Korea Cover Dance, Barongsai, dan 25 unit mobil hias.