Postcards from Netherlands East Indies


Berkumpul di Parkir Timur Senayan bertemu taman lama dan teman baru.  Pendaftaran Ulang (mendapatkan ID, teh manis panas, kue2 tradisional)

Bertemu dengan teman2 .. Dian Maya PurnamaRamayanti MayaLusi Ramadhani entah siapa lagi yang sering ikut SAHABAT MUSEUM

ada pula teman2 baru dan ternyata temannya temanku juga.. (Dunia kecil).

Dian dan Maya di Bus 1 , Saya dan Nurul di Bus 2, Lusi di Bus 4, tetap kalau dah di Lokasi yang kita Moto2 sendiri2 dan akhirnya bisa poto bareng di Spanduk… (maklum di komunitas tetangga saya jadi kuli photonya) di komunitas ini kudu narsis.. heheheheheh…..

Perjalanan dari Senayan Menuju Stasiun Tanjung Periuk. Dari Tempat kumpul Bus Belok kiri menuju Jalan Jenderal Sudirman, menuju ke Jalan Jenderal Gatot Subroto, Ambil jalan di kanan menuju Jalan Tol Jenderal Gatot Subroto, Terus ke Jalan Tol Letnan Jenderal S Parman, Terus ke Jalan Tol Pluit – Tomang, Tetap di kanan di jalan bercabang, ikuti rambu Pluit/Ancol/Tanjung Priok dan bergabung ke Jalan Tol Pelabuhan, Ambil jalan keluar Tanjung Priok untuk bergabung ke Jalan Laksamana Yos Sudarso, Belok sedikit ke kiri untuk tetap di Jalan Laksamana Yos Sudarso (rambu Kebon Bawang), Belok kiri menuju Jalan Enggano, Terus ke Jalan Taman Stasiun Tanjung Priok (rambu Ancol), sampai di Stasiun Tanjung Priok Jalan Taman Stasiun Tanjung Priok, 14330

KELILING STASIUN TANJUNG PERIUK

Melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Sunda Kelapa

Ke arah barat di Jalan Taman Stasiun Tanjung Priok menuju Jalan RE Martadinata, Belok kiri menuju Jalan RE Martadinata, Tetap di kanan di jalan bercabang, ikuti rambu Pluit, Belok menuju Jalan Lodan Raya, Ambil 2 kanan menuju Jalan Sunda Kelapa, Sampai di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Sesampainya di tujuan ternyata hujan rintik-rintik tidak terkira turun membasahi bumi, sehingga tidak bisa berkeliling dengan kondisi hujan.

Perjalanan di lanjutkan ke Taman Fatahilah

Belok kanan menuju Jalan Lodan Raya,Belok kiri menuju Jalan Kerapu,  Belok kiri menuju Jalan Tongkol,Terus ke Jalan Cengkeh, Belok kiri menuju Jalan Kunir,  Belok kanan menuju Jalan Kemukus, Belok kanan menuju Jalan Keadilan, BUS parkir di Jalan Lada. 

Para peserta berjalan kaki menuju BEOS = Beos kependekan dari Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschapij (Maskapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur), sebuah perusahaan swasta yang menghubungkan Batavia dengan Kedunggedeh

Setelah Berkeliling dan makan siang, perjalanan dilanjutkan Ke arah selatan di Jalan Stasiun Kota menuju Jalan Pintu Besar Utara, menelusuri Terus ke Jalan Hayam Wuruk, sambil menjelaskan carrefour duta merlin yang dulunya merupakan hotel yang beroperasi mulai tahun 1856 hingga tahun 1960 di Weltevreden, Batavia (Jakarta). Di hotel ini ditandatangani Perjanjian Roem Royen pada 7 Mei 1949. perjalanan dilanjutkan menuju Jalan Insinyur Haji Juanda, muter balik menuju Jalan Veteran, Ke arah barat di Jalan Veteran, Belok kiri menuju Jalan Majapahit, Ke arah selatan di Jalan Majapahit menuju Jalan Medan Merdeka Utara, Terus ke Jalan Medan Merdeka Barat, Belok ke kiri menuju Jalan Medan Merdeka Selatan, Ke arah timur di Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Jalan Silang Merdeka Tenggara, Lakukan putar U,Belok kiri untuk tetap di Jalan Silang Merdeka Tenggara,Belok ke kiri menuju Jalan Medan Merdeka Timur,Terus ke Jalan Perwira, Terus ke Jalan Kathedral, Belok kanan menuju Jalan Pos.

Peserta turun dari Bus kemudian jalan kaki menuju Toko Es Krim  TROPIC, makan Es di Bus, perjalanan dilanjutkan ke Departemen Keuangan.

Ke arah timur laut di Jalan Pos, Jalan Pos belok sedikit ke kanan dan menjadi Jalan Gedung Kesenian, Belok kanan menuju Jalan Lapangan Banteng Utara, Belok ke kiri menuju Jalan Lapangan Banteng Barat,Belok sedikit ke kiri menuju Jalan Lapangan Banteng Selatan, Terus ke Jalan Lapangan Banteng Timur, dan sampailah di Istana Daendels.