Museum oh Museum, malang nasipmu …


Pagi-pagi sudah persiapan menjadi guide, plesiran deh dikota  ubek2 deh tuh museum yang ada satu persatu, dimulai dari museum Seni Rupa dan Keramik. Salah satu museum yang menempati bangunan bersejarah di kawasan kota tua Jakarta. Museum yang diresmikan pada tahun 1870 ini awalnya dipergunakan sebagai lembaga Peradilan Tinggi Belanda atua Raad van Justitir, kemudian pada masa pendudukan Jepang dan perjuangan kemerdekaan Indonesia dijadikan sebagai asrama militer.

Pada tahun 1968 s.d. 1975 bangunan ini digunakan sebagai kantor Dinas Museum dan Sejarah DKI Jakarta, kemudian pada tanggal 20 Agustus 1976 diresmikan sebagai Balai Seni Rupaoleh Presiden Suharto. Pada Sayap kiri kanan bagian depan bangunan digunakan sebagai museum Keramik yang diresmikan oleh gubernur Ali Sadikin pada tanggal 7 Juni 1977. Kemudian pada tahun 1990 Balai Seni Rupa dan Museum Keramik digabung menjadi Museum Seni Rupa dan Keramik.

Museum ini berisikan tentang seni rupa dan keramik. mulai dari keramik peninggalan dinasti ming sampai keramik peninggalan kerajaan belanda yang merupakan peninggalan sejarah Indonesia, terdapat koleksi unggulan dari para pelukis yang amat penting bagi sejarah perkembangan seni rupa.

Dikarenakan saya dan rekan saya tidak membuat surat untuk ijin memotret, maka kami dilarang membawa kamera ke area pamer.

Selanjutnya kami memasuki Museum Sejarah Jakarta.  walau saya sering ke museum ini baru hari ini hati saya miris mendapatkan museum belum juga di renovasi padahal kayu dan beberapa kusen dari bangunan ini sudah sangat memperhatinkan.  ini temuan-teuan tersebut :

Ini tempat dimana banyak barang-barang bersejarah yang menjadi saksi sejarah Indonesia. Belum lagi benda-benda sejarah mulai dari kursi yang anyaman rotan sudah mulai ancur dimakan usia dan masih banyak pula benda-benda sejarah yang disentuh oleh tangan-tangan jail.

Saya dan teman yang berkunjung ke Museum ini sangat memperhatinkan. seharusnya sudah mulai direnovasi untuk MUSEUM SEJARAH JAKARTA. jangan ada korban berjatuhan baru merenovasi ini bangunan.

Nanti di lanjutkan ke Museum Wayang, Museum Bank Indonesia dan Museum Mandiri….🙂