POTONG TUMPENG DI KUBURAN BELANDA


Night at The Museum
POTONG TUMPENG DI KUBURAN BELANDA
Dalam rangka memperingati HUT Komunitas Historia Indonesia (KHI) yang ke-9 tahun (22 Maret)

Acara ini didukung oleh: UPT Museum Sejarah Jakarta dan Museum Taman Prasasti, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta.

BACKGROUND
Program yang kita sajikan ini merupakan program interdisipliner, terutama memadukan ilmu-ilmu yang terdapat di dalam ilmu sosial. Dengan meracik unsur rekreasi-empirik, edukasi dan hiburan, program ini menjadi menarik, bermanfaat dan fun. Tidak hanya itu, ketiga ranah pendidikan β€œBloom” juga menjadi tujuan akhir yang harus dicapai. Sehingga, perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik peserta (didik), seperti anak-anak usia sekolah, menjadi landasan dan tujuan dasar program ini.

Alam bawah dan atas sadar Anda akan diminta berimajinasi pada masa lalu Jakarta di masa Kolonial abad ke 18 dan 19. Dimana kuburan yang menjadi tempat acara kita adalah peninggalan sejarah dimasa abad tersebut. Kita akan mengeksplorasi jejak-jejak sejarah yang terdapat pada nisan-nisan kubur tua peninggalan Belanda di Jakarta Pusat. Bekas kuburan Belanda itu kini telah menjadi Museum Taman Prasasti yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta yang menjadi milik bangsa sebagai warisan dunia.

Catatan Penting:
Anda tidak diperkenankan untuk berkhayal tentang hantu dan segala hal yang berkaitan dengan mistis di dalam acara ini. Apa yang akan anda dapatkan nanti adalah murni pembelajaran sejarah (pengetahuan masa lalu) dan manfaat afektif-nya terkait sejarah dan budaya bangsa sebagai sarana pembangunan jiwa nasionalisme. Jika anda berkhayal dan bermimpi akan bertemu hantu, tempatnya bukan disini ya πŸ˜› hehe

WAKTU & TEMPAT:
Sabtu, 31 Maret 2012. Pkl.16.00-22.00wib
Museum Taman Prasasti. Jl. Tanah Abang I No.1 Jakarta Pusat

RECOMMENDED AGES
12 – 18 (SMP/SMA Kelas 1-3)
19 – 50 (Umum)

TARGET PESERTA
Untuk umum, TERBATAS hanya 60 orang

TALKSHOW & TOUR BERSAMA:
1. Liliek Suratminto (Dosen Sastra Belanda UI, pakar inskripsi kuburan2 Belanda)
2. DR Rushdy Husein (Sejarwan UI, Pembina KHI)
3. Asep Kambali (Sejarawan, Pendiri KHI)

DONASI KEGIATAN DAN BIAYA PARTISIPASI
Rp. 100.000,- Terbatas hanya untuk 60 orang.

SUDAH TERMASUK:
1. Air mineral
2. Makan Malam + Minuman khas betawi
3. Narasumber / Guide
4. Pin
5. Handout
6. Pemutaran film djadoel
7. Sumbangan kegiatan HUT KHI.
8. Tour program

TIDAK TERMASUK:
1. Asuransi
2. Parkir
3. Biaya-biaya lain di luar acara

INFO SELANJUTNYA:
1. Bergabung menjadi anggota KHI, jika belum segera registrasi online untuk jadi member KHI di http://www.komunitashistoria.org/
2. Follow Twitter KHI: @IndoHistoria
3. Nge-Like fanpage Komunitas HISTORIA INDONESIA Commmunity
4. Subscribe di Mailing list http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria/
5. Disarankan untuk attending di event FB untuk info dan komunikasi selanjutnya.

PENDAFTARAN ke 0818.0854.6363 (Rie, SMS ONLY) untuk mendapatkan No. Urut.
[nama lengkap / jenis kelamin / alamat email / username twitter / nama facebook / pekerjaan / jumlah peserta yang akan ikut].

CONTOH:
John Lenon / L / john@yahoo.com / @lenonjohn / John Lenon 10 / artist / 3 orang.

No.urut digunakan untuk melakukan pembayaran, dengan cara transfer
Acc. 697 0109 160 BCA an. Asep Kambali
lalu masukkan no.urut pendaftaran anda di akhir digit.

CONTOH:
No.urut Anda 45, maka Anda transfer sejumlah Rp.100.045.

PENDAFTAR YANG TIDAK MELENGKAPI PERSYARATAN TIDAK AKANG DILAYANI. TIDAK DIPERKANKAN LANGSUNG DATANG DI TEMPAT. WAJIB MENGIKUTI INSTRUKSI DI ATAS!

DRESSCODE
Perempuan & Laki-laki disarankan serba HITAM πŸ˜› hehe

TIPS & CATATAN:
– Boleh membawa makanan ringan & minuman masing-masing.
– Setiap peserta wajib membawa SENTER sendiri. Dan tidak digunakan pada saat narasumber/pemandu sedang menjelaskan, apda saat tour (dari dan menuju lokasi selanjutnya) dibolehkan.
– Ini adalah tour jalan kaki, maka disarankan memakai pakaian bebas/ casual/ sepatu kets. Disarankan memakai pakaian serba hitam, untuk menambah ke khidmatan acara πŸ˜€ πŸ˜› hehe
– Bawa juga handuk kecil, kamera/handycam/recorder, serta bawa payung/jas hujan (untuk antisipasi).
– Karena kegiatan dilakukan keliling di tempat bersejarah, maka perlu berhati-hati dalam beraktivitas, tidak berpisah dengan rombongan, dan tidak berkata-kata yang sombong.
– Semua peserta bertanggung jawab terhadap diri dan barangnya masing-masing.
– Mohon kerjasama untuk saling mengawasi dan melindungi sesama peserta. Peserta diharapkan membaur dengan peserta lain.
– Tidak membuang sampah sembarangan.
– Semua peserta dilarang mengambil, memindahkan, merusak, mencorat-coret barang-barang / benda-benda bersejarah / koleksi yang ada di dalam kawasan / gedung bersejarah / museum (UU BCB No.11/2010).

KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
Komunitas Peduli Sejarah dan Budaya Indonesia
Phone : (021) 3700.2345, Mobile: 0818-0807-3636
E-mail/FB : komunitashistoria@yahoo.com, Follow Us: @IndoHistoria
Mailing list : http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage : http://www.komunitashistoria.org/

Iklan

Untuk INDONESIAKU


Belajar ngak harus sekolah tinggi dengan titel yang berbaris, belajar dari rakyat paling bawah …
mendengarkan keinginan …
jika ingin maka usaha …
usaha dengan segala sesuatu yang ada disekeliling kita..
sampah pun bisa jadi sesuatu ….

Mendengarkan
Berpikir
Bertindak…

Indonesia adalah Indonesia..
Indonesia Kaya..
Indonesia Subur

Tetapi apakah Indonesia BESAR?
Hanya Oknum yang membesarkan INDONESIA untuk kepentingan pribadi dan Golongan….

Bangga Jadi pemuda INDONESIA,

Cerita Pagi…


Pagi-pagi telp seseorang membuat aku terpingkal-pingkal… yang ada kok ya ngak bisa bikin tuh orang pergi tunggang langgang.. yang ada kayak salah satu lakon di cerita teater koma “SIE JIN KWIE” buat ke jengkelan masuk penjara, di butuhkan buat perang di keluarkan, kesalahan masuk lagi.. padahal kesalahan ya dikeluarga sendiri.. bukan korupsi, menolak menikah masuk penjara, marahin istri masuk penjara,Β  kalau emang dah jodohnya mau ribut or berdebat seperti apa ya ketemunya dia lagi.. dia lagi…

Kehidupan sebuah realita, Kehidupan sebuah drama


Lahir – Sekolah – Kuliah – Menikah -Bekerja – Memiliki Anak – Sendiri lagi, sebuah perjalanan… dalam perjalan ada lurus ada berliku-liku entah dari dirisendiri, orang tua, keluarga, teman maupun lingkungan disekeliling.. berbagi dan membuat solusi itu lebih baik dari pada cuman intropeksi diri tanpa ada tindakan apapun… berdiam dan pasrah.. bukan saya. jadi kalau ada yang merasa tersinggung atau merasa sakit hati, saya mohon maaf… saya tidak bermaksud untuk bermusuhan dengan kalian atau siapapun.. jika tidak ingin besinggungan dengan saya berarti bukan seorang yang mempunyai kemampuan untuk berdiskusi panjang…
menghindar dari konflik bukan sebuah solusi perbaikan tetapi menunda konflik yang akan timbul … selesaikan sekarang atau ada konflik yang berkepanjangan… saya tidak suka konflik berkepanjangan… selesai deal tuntas… bergembira lagi menjalani hidup.. hidup tanpa konflik seperti makanan kurang bumbu… πŸ˜€