SIE JIN KWIE Di Negeri Sihir


Untuk Pementasan Teater Koma kali ini membuatku berburu tiket GRATIS LAGI dan akhirnya dapat juga 2 tiket untuk pementasan hari ini tanggal 6 Maret 2012.

Bersama Farin kembali nonton pertunjukan ini, hanya Farin datang terlambat karena sesuatu hal.

Pertunjukan yang menceritakan Jendral Besar Sie Jin Kwie yang memipin pasukan Tang berperang ke barat. Sayang sekali, dalam pertempuran, Sie Jin Kwie terluka parah dan nyaris sekarat. Arwahnya sempat melayang ke akhirat.

Sebelum dikembalikan ke dunia fana, Sie Jin Kwie diperlihatkan masa depan. Kelak ia akan menemui ajal di tangan putranya sendiri, Sie Teng San.

Rangga Riantiarno tetap berperan sebagai Sie Jin Kwie. Dua tokoh lain, yang ditakdirkan menjadi suami-istri namun sulit untuk bersatu adalah Hwan Li Hoa (diperankan oleh Tuti Hartati) dan Sie Teng San (diperankan oleh Ade Firman Hakim).

Sie Teng San adalah putra Sie Jin Kwie, ia meninggal karena terkena panah sang ayah ketika usianya 12 tahun. Tapi ia dihidupkan kembali oleh dewa, kemudian menjadi penolong Sie Jin Kwie sekaligus pembangkang yang keras kepala.

Setelah Sie Teng San dihidupkan kembali, ia dijadikan murid oleh seorang pertapa sakti. Kini Sie Teng San diperintahkan membantu sang ayah keluar dari kepungan musuh di negeri seberang.

Di sana Sie Teng San bertemu dengan Hwan Li Hoa, seorang gadis sakti dan pemberani. Oleh gurunya ia diramalkan berjodoh dengan Sie Teng San.

Meski ramalan itu dirasakan mustahil. Hwaan Li Hoa tetap mempercayainya. Lalu dengan berbagai cara dia coba memberitahu ramalan perjodohan itu kepada Sie Teng San. Tentu saja Sie Teng San naik pitam dan mengempur Hwan Li Hoa mati-matian.

Dalam perjalanan menuju pelaminan, Sie Teng San melanggar sumpah sebanyak tiga kali. Dia juga menolak dinikahkan dengan Hwan Li Hoa satu kali, serta dengan sengaja membatalkan pernikahannya dengan Hwan Li Hoa dua kali. Akibat ulah itu Sie Tang San di jebloskan ke dalam penjara sebanyak lima kali. dan Hwan Li Hoa meski mengalami berbagai ‘hinaan’ sekejam itu, dia tetap percaya ramalan Sang Guru. Tapi sebagai akibat, tanpa sengaja dia membunuh ayah dan dua saudaranya. Lalu dia pun memihak Kerajaan Tang.

Mau tahu endingnya seperti apa? , kalau saya ceritakan sekarang heheheheh sudangak seru donk… ayooo nonton dulu sampai tanggal 31 Maret 2012…

Tim Produksi Sie Jin Kwie 3: “Sie Jin Kwie di Negeri Sihir”

Pimpinan Produksi : Ratna Riantiarno
Manajer Panggung : Sari Madjid
Musik : Idrus Madani dan Ferro Aldiansyah Stefanus
Penata gerak : Elly Luthan
Tata Cahaya : Iskandar K. Loedin
Tata Rias & Rambut : Sena Sukarya
Tata Suara & Akustik : Totom Kodrat
Skenografi : Onny K. dan Syaeful Anwar
Pengarah Teknik : Tinton Prianggoro
Grafis : Ra7dika
Instruktur Vokal : Naomi Lumbang Gaol

Ada beberapa Adegan yang membuat air mata menetes tanpa disadari karena mengikuti ajalan ceritanya dan beberapa adegan lainnya menocok perut para penontonnya.

untuk tata panggung sudah tidak bisa diragukan lagi sunggung mempesona mataku, untuk tata musik pastinya ok juga, ada beberap penggabungan antara musik etnis china dan beberapa musik dari daerah lain seperti lagu dari batak untuk adegan kematian (bikin perut terkocok-kocok)

Tidak lupa pula untuk menambah ilmu ada buku Tentang KITAB TEATER penulis N.Riantiarno (dibahas di artikel tersendiri).