House of Sampoerna


KELOMPOK PERUSAHAAN SAMPOERNA
Sampoerna didirikan dengan bertumpu pada usaha tembakau dan cengkeh, Perusahaan ini termasuk salah satu Produsen rokok kretek (tembakau dan cengkeh) tertua dan yang berkembang paling pesat di Indonesia, pasar rokok terbesar ke-5 di dunia.

Didirikan pada tahun 1913, Sampurna merupakan perusaan rokok kretek pertama yang masuk ke Bursa Efek Jakarta.
Sampoerna telah berhasil mengembangkan usaha rokoknya ke berbagai wilayah di luar Indonesia dan juga melakukan diversifikasi di dalam negeri, di bidang distribusi dan transportasi, percetakan dan pengemasn serta perdagangan eceran dan grosir.

HOUSE OF SAMPOERNA
Terletak di “Surabaya lama”,Kompleks bangunan megah bergaya kolonial Belanda ini dibangun pada tahun 1862 dan saat ini merupakan situs bersejarah yang dilestarikan. Awalnya digunakan sebagi panti asuhan putra yang dikelola oleh Belanda, kompleks ini di beli pada tahun 1932 oleh Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna, untuk dijadikan pabrik rokok Sampoerna yang pertama.

Kompleks ini terdiri dari sebuah auditorium sentral yang luas, 2 bangunan lebih kecil disayap timur dan barat serta beberapa bangsal luas berlaintai satu dibelakang auditorium sentral. Bangunan dikedua sayap auditorium kemudian diubah menjadi tempat kediaman keluarga, sementara bangsal-bangsal besar menjadi yang menyerupai gudang dimanfaatkan untuk pengolahan tembakau dan cengkeh, peracikan, pelintingan dan pengepakan, percetakan serta pemrosesan barang jadi.
Sampai saat ini, kompleks ini masih berfungsi sebagai pabrik untuk memproduksi rokok kretek paling bergengsi di Indonesia, Dji Sam Soe.
Memperingati ulang tahun ke-90 Sampoerna di tahun 2003, kompleks utama telah dipugar dengan seksama dan saat ini terbuka untuk masyarakat umum.
Auditorium sentral saat ini difungsikan sebagai museum dan sayap timur telah disulap menjadi suatu bangunan unik yang menaungi sebuah kafe, kios dan galeri seni. Bangunan di sayap barat tetap dipertahankan sebagai kediaman resmi keluarga.

Posted with WordPress for BlackBerry.

MUSEUM
Museum ini menawarkan sebuah pengalaman unik. Mulai dari cerita tentang keluarga pendiri sampai melihat dari dekat fasilitas produksi rokok linting tangan dan berakhir dengan pengalaman tak terlupakan melinting rokok kretek dengan alat tradisional. Anda dapat bergabung dengan 3000 wanita di pabrik ini, yang dapat melinting lebih dari 352 batang perjam.
Toko Museum di HoS menawarkan berbagai macam cinderamata. Termasuk di dalamnya miniatur alat linting rokok tradisional, paket cengkeh, buku-buku dan kaos.