“HANG-OUT” Dgn Cita rasa Nasional


Hang-out bareng sambil kongkow dan belajar sejarah, santai-santai, makan makanan tradisional dan nonton bareng film djadoel yg keren berlatar sejarah. Acara ini berbarengan dengan acaranya “Grand Opening” Kopitiam Oey Thamrin City.

RESENSI FILM MAX HAVELAAR (1976)

Hindia Belanda, paruh kedua abad ke-19. Penjajah Belanda memperoleh modal untuk membangun perdagangan kopi. Salah seorang asisten residen baru, Max Havelaar, berupaya menarik hati rakyat di provinsi Lebak yang memiliki masalah kemiskinan. Dia berusaha membangunnya.

Namun, di bawah kontrol Kepala Bupatinya sendiri, Havelaar menyaksikan penjarahan, kekerasan dan kebrutalan yang dilakukan oleh kepala polisi setempat setiap hari. Dia mencoba untuk intervensi, membela penduduk Lebak. Dia sangat berharap kasus dan usahanya itu bisa diselesaikan. Tapi atasannya, Residen, tidak ingin itu. Havelaar kemudian ditempatkan ke provinsi lain, dia dipindahtugaskan, dimutasi. Havelaar tidak berhenti sampai disitu, dia berusaha menemui Gubernur Jenderal, yang dia harapkan mengerti permasalahan ini.

Berhasilkah ia meraih dukungan? Lalu bagaimana respon masyarakat sendiri? Akankah nasibnya mujur dan memenangkan keadilan bagi dunia? Cari tahu jawabannya dengan menonton film keren ini bersama-sama di Kopitiam Oey Thamrin City, pada 11 Januari 2012, Pkl.16.00-22.00wib. Jangan lupa ya, check di agenda kamu😉

*Film karya Fons Rademakers ini skenarionya dibuat oleh Gerard Soeteman yang diangkat dari novel terkenal di dunia karya besar Multatuli pada tahun 1859. Film produksi Belanda-Indonesia ini memenangkan hadiah khusus dari juri Festival Film di Teheran, hadiah di Festival Film Naples dan Bodil, sebagai film terbaik non-bahasa Inggris di Denmark.

**Komunitas Historia Indonesia (KHI) dalam gerakannya selalu berupaya menggali, mempublikasikan dan mempopulerkan sejarah dan kebudayaan kebada generasi muda sebagai sumber inspirasi dan semangat bagi terciptanya peradaban bangsa di masa kini dan masa depan yang lebih baik. Untuk itu, pemutaran film Max Havelaar ini menjadi penting untuk digelar. Siapapun Anda, yang cinta Indonesia dan hidup hingga sekarang ini, Anda tentu harus tahu dan peduli terhadap perjalanan sejarah bangsa kita.