Komunitas Historia Indonesia || Wisata Senja Museum – Museum Day


Dalam rangka meyambut dan memeriahkan”International Museum Day” yang jatuh pada hari Selasa, 18 Mei 2010, Forum Komunikasi Antar Museum di Kota Tua dan Museum-Museum Pemprov DKI Jakarta, menyelenggarakan kegiatan Museum Day 2010 yang diisi dengan berbagai kegiatan menarik.

Kegiatan yang dilakukan secara swadaya dan swadana ini merupakan bentuk pengabdian dan komitmen museum-museum yang ada di Kota Tua dan di bawah Pemprov DKI Jakarta untuk terus berbenah diri bersama pemangku kepentingan (stakeholder) yang ada, baik pemerintah maupun swasta.

International Museum Day adalah hari diperingatinya keberadaan museum diseluruh dunia yang dicanangkan oleh ICOM (International Council of Museums). Pada hari  tersebut masyarakat dapat masuk ke museum-museum yang turut serta dalam peringatan ini secara cuma-cuma bila mengenakan pakaian atau asesoris batik. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung dan mensosialisasikan diakuinya batik sebagai warisan budaya Indonesia/World Heritage oleh UNESCO.

Museum-museum yang turut serta dalam kegiatan ini adalah Museum Sejarah Jakarta, Museum Senirupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bahari, Museum Bank Indonesia, Museum Mandiri, Museum Tekstil, Museum Joang 45, Monumen Nasional, Balai Korservasi dan Taman Arkeologi Onrust, UPT Kota Tua.  Selain menyelenggarakan berbagai kegiatan di museum masing-masing, museum-museum tersebut juga melaksanakan berbagai kegiatan bersama yang dipusatkan di Taman Fatahillah Museum Sejarah Jakarta.

Kegiatan bersama yang berpusat di Taman Fatahillah, Museum Sejarah Jakarta ini berlangsung dari pukul 10.00 – 17.00 WIB. Beberapa kegiatan yang digelar antara lain Pameran Museum-Museum Jakarta, Aneka Lomba (Lomba Tarik Tambang, Lomba Masak Nasi Goreng, Lomba Futsal dan Kuis Siapa Tahu…?).

Selain itu digelar pula acara Talk Show ”Peran dan Harapan Museum di Era Modern” yang digelar di Museum Bank Indonesia pada pukul 10.00 – 13.00 WIB dan menghadirkan DR. Ishadi SK – Komisaris PT Televisi Transformasi Indonesia, KRT Thomas Harjonegoro – ICOM Indonesia, Priyo Hutomo – Direktorat Permuseuman, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI, DR. Kresno Y. Sukardi – Dosen Pascasarjana Universitas Indonesia dan Imanuella Debora – Komunitas Insan Muda Indonesia serta Punto Argari dari Yayasan Cakrawala Budaya. Ada pula Bedah Buku ”47 Museum di Jakarta” karya Edy Dimyati yang digelar di Museum Mandiri mulai pukul 13.00 – 15.00 WIB dan Pemutaran Film-film Pendek di Museum Wayang mulai

pukul 10.00 – 15.00 WIB.   Seluruh kegiatan tersebut dapat diikuti dan dinikmati masyarakat tanpa dipingut biaya, sebagai bentuk komitmen pelayanan museum pada masyarakat.

Pada saat yang bersamaan juga digelar kegiatan Wisata Senja Museum di Kawasan Kota Tua Jakarta oleh Komunitas Historia yang dilaksanakan pukul 14.00 – 19.00 WIB dan diawali di Museum Bahari serta berakhir di Museum Mandiri.

Melalui berbagai kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat lebih menghargai, mencintai dan mengapresiasi museum dan kawasan Kota Tua Jakarta sehingga kedepannya masyarakat dapat lebih proaktif dalam upaya pelestarian peninggalan budaya bangsa, memahami sejarah dan kebudayaan bangsa sendiri dan menjadikannya sebagai pondasi yang kokoh untuk membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju, mandiri, berkepribadian dan kuat dalam pergaulan antara bangsa di dunia, sesuai dengan tema peringatan International Museum Day tahun ini, yakni Museums for Social Harmony.