Arca Domas Cibalay


Di ranah Sunda, ada tiga daerah yang dikenal memakai nama Arca Domas. Salah satunya adalah Arca Domas Cibalay yang terletak di Kampung Cibalay, Desa Tapos I, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tepatnya, situs ini berada di sebuah bukit yaitu Bukit Cibalay di sisi Utara kaki Gunung Salak, di atas Curug Luhur, dengan ketinggian sekitar 650 m di atas permukaan laut.

Kata Arca Domas sendiri berarti ”800 patung”. Arca berarti patung, dan Domas berarti delapan ratus. Domas berasal dari kata ”dua” dan ”omas”. Omas berarti empat ratus. Sehingga ”domas” adalah 2×400 menjadi 800.

Area Arca Domas Cibalay sendiri, secara keseluruhan luasnya sekitar 4 hektar. Di area utama, puncak bukit, disebut ”pusar” (bahasa sunda=bujal). Di tengah-tengahnya ada batu tegak berbentuk segitiga yang melambangkan Gunung Salak. Di sekelilingnya dilingkari susunan batu-batu yang terhampar melingkari batu segitiga. Diameter lingkaran, sekitar 3 atau 4 meter. Agak ke belakang dari ”pusar”, yang paling belakang, ada 3 batu berdiri tegak berbentuk segi empat memanjang. Kalau diperhatikan tiga batu itu, melambangkan huruf arab. Yakni: huruf ”alif”, ”lam” dan ”ha”, yang berarti ”Allah”.

Terdapat legenda bahwa tempat ini merupakan salah satu petilasan kerajaan Pajajaran . Diceritakan Tahun 1527 prajurit-prajurit Fatahillah yang Islam dari Cirebon dibantu Kerajaan Banten mulai menyerang Kerajaan Hindu Pajajaran. Banyak pejabat-pejabat istana kerajaan Pajajaran yang bersembunyi di hutan-hutan yang salah satunya ketempat ini .